Sebanyak 33 item atau buku ditemukan

Kewirausahaan Masa Kini

Revolusi 4.0 tidak hanya mengubah cara seseorang bekerja, berkomunikasi tetapi juga cara berbelanja, bertransakasi dan gaya hidup. Perubahan yang sangat signifikan dapat dilihat dari menjamurnya internet, teknologi digital, dan berkembangnya IoT (Internet of Things). Banyak hal yang tidak terpikirkan atau dirasa tidak mungkin, tiba-tiba hadir menjadi industri baru. Berada di era disrupsi ini, kewaspadaan dan kepekaan tehadap perubahan-perubahan tertentu akan menjadi hal yang harus dimiliki para pelaku usaha. Kewirausahaan dan praktik bisnis telah menunjukkan bahwa untuk sebagian besar kewirausahaan perusahaan bukan hanya kegiatan individu tetapi mengcakup kompleksitas sistem yang dinamis dengan partisipasi banyak orang, yang akan menghasilkan diferensial efek yang berbeda pada kegiatan strategis kewirausahaan Materi yang dibahas dari buku ini mencakup: • Pengantar dan Konsep Dasar Kewirausahaan • Manajemen dan Strategi Kewirausahaan • Konsep Membangun Motivasi Berwirausaha • Konsep Membangun Jiwa Kreatif dan Inovatif • Tantangan Kewirausahaan Masa Kini • Membangun Competitive Advantages Bisnis • Merancang Bisnis Berbasis Media Sosial • Inovasi Bisnis Di Era Industri 4.0 • Strategi Pemasaran UMKM Berbasis Media Sosial Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dosen dan dapat juga dijadikan sebagai referensi bagi pihak yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai kewirausahaan masa kini. Pembahasan materi dalam buku ini telah disusun secara sistematis, dengan tujuan memudahkan dosen dalam menyampaikan materi secara berkesinambungan guna menciptakan proses belajar-mengajar yang efektif dan efisien.

Kewirausahaan dan praktik bisnis telah menunjukkan bahwa untuk sebagian besar kewirausahaan perusahaan bukan hanya kegiatan individu tetapi mengcakup kompleksitas sistem yang dinamis dengan partisipasi banyak orang, yang akan menghasilkan ...

Kewirausahaan Berbasis Teknologi

Buku KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI ini memberikan pengenalan dasar-dasar kewirausahaan teknologi, dimulai dari proses memulai usaha baru hingga keberlanjutan kewirausahaan. Technology Entrepreneurship (Technopreneurship) membantu siapa saja yang memiliki minat untuk berwirausaha, dan memotivasi pembaca, khususnya pemula baik itu mahasiswa, pemerhati bisnis, pemerintah, dan pemilik modal untuk menoleh pada wirausaha dan memahami prinsip-prinsip serta tantangan utama kewirausahaan, terutama dimulai saat pembentukan hingga pengoperasian kewirausahaan teknologi. Buku ini membahas: Bab 1 Pengantar Proses Kewirausahaan Bab 2 Teori Kewirausahaan Dan Perkembangannya Bab 3 Diferensiasi Dan Pemosisian Merek Bab 4 Ubah Masalah Jadi Peluang Usaha Bab 5 Konsep Teknologi Kewirausahaan Bab 6 Penemuan Pelanggan Bab 7 Pengembangan Karir & Kewirausahaan Bab 8 Model Bisnis Wirausaha Bab 9 Berpikir Desain Wirausaha Bab 10 Rencana Dan Strategi Pemasaran Kewirausahaan Bab 11 Potensi Pasar Dan Peramalan Penjualan Bab 12 Inovasi Kewirausahaan Berkelanjutan

Buku KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI ini memberikan pengenalan dasar-dasar kewirausahaan teknologi, dimulai dari proses memulai usaha baru hingga keberlanjutan kewirausahaan.

Intensi Kewirausahaan dan Keberhasilan Usaha

BAB 1 PENGANTAR PRAKTIS INTENSI KEWIRAUSAHAAN ..................................................... 1 A. Mengenal Karakter Wirausahawan .............................. 2 B. Etika Wirausaha ............................................................... 17 C. Wirausaha Profesional ..................................................... 25 BAB 2 HAKIKAT INTENSI KEWIRAUSAHAAN ............... 29 A. Mengembangkan Sikap Kreatif ..................................... 29 B. Mengembangkan Inovasi ............................................... 44 C. Hubungan Kreatif dengan Inovatif ............................... 51 BAB 3 KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN ......................... 53 A. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kewirausahaan .... 55 B. Tangga Menuju Puncak Karier Wirausahawan .......... 60 BAB 4 MODEL PROSES KEWIRAUSAHAAN .................... 61 A. Nilai-nilai Kewirausahaan ............................................. 62 B. Perilaku Kewirausahaan ................................................. 63 C. Analisis Lingkungan ....................................................... 65 D. Riset Pasar ......................................................................... 68 E. Estimasi Hubungan Harga –Volume ............................ 70 F. Uji Coba Pasar .................................................................. 71 BAB 5 STUDI KELAYAKAN USAHA .................................... 73 A. Aspek Yuridis .................................................................. 73 B. Aspek Manajemen Organisasi ....................................... 73

BAB 1 PENGANTAR PRAKTIS INTENSI KEWIRAUSAHAAN ..................................................... 1 A. Mengenal Karakter Wirausahawan .............................. 2 B. Etika Wirausaha .................................................... ...

TEORI DAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN

Kehadiran buku ini didorong oleh keinginan para penulis untuk memberikan sumbangsih dalam sebuah buku kolaborasi untuk memajukan dunia kewirausahaan Indonesia yang masih membutuhkan dukungan semua lapisan masyarakat. Buku ini menguraikan teori dan konsep kewirausahaan yang ditekankan pada konsep dan alasan mendasar mengenai pentingnya pengembangan budaya kewirausahaan di Indonesia. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, perhatian, dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui program kewirausahaan. Secara khusus buku ini dirancang pula untuk membantu pembaca, terutama dari kalangan guru, dosen, dan mahasiswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kewirausahaan di sekolah maupun di perguruan tinggi. Bagi wirausaha muda, buku ini diharapkan lebih memantapkan lagi pilihannya untuk berwirausaha dan mampu meningkatkan daya serap terhadap tenaga kerja.

Buku ini menguraikan teori dan konsep kewirausahaan yang ditekankan pada konsep dan alasan mendasar mengenai pentingnya pengembangan budaya kewirausahaan di Indonesia.

Pendidikan Kewirausahaan Teori dan Praktik (Melahirkan Enterpreneurship Handal di Era Industry 4.0 & Society 5.0)

Buku Pendidikan Kewirausahaan Teori dan Praktik (Melahirkan Entrepreneurship Handal di Era Industry 4.0 dan Society 5.0) ini merupakan suatu karya ilmiah yang kami susun dari sejumlah tulisan pribadi berupa makalah yang digunakan penulis untuk melakukan diklat dan seminar yang masih berserak-serak lalu disusun dalam bentuk buku. Tersusun tulisan penulis menjadi buku, didukung dari berbagai materi buku yang di tulis penulis-penulis lain yang ada kaitannya dengan dunia kewirausahaan. Literatur yang digunakan oleh penulis seperti tercantum pada daftar pustaka, cukup bervariasi sehingga penulis yakin materi kewirausahaan ini cukup memadai untuk digunakan sesuai dengan namanya yakin sebagai bahan pembelajaran bersifat mendunia. Pendidikan Kewirausahaan Teori dan Praktik (Melahirkan Enterpreneurship Handal di Era Industry 4.0 & Society 5.0) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

... pergeseran dari era ekonomi pertanian, era industrialisasi, dan era informasi. Departemen perdagangan (2008) mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kreativitas, ...

KEWIRAUSAHAAN: Pemanfaatan Limbah Pelepah Kelapa Sawit Dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Desa

Indonesia merupakan negara produsen kelapa sawit terkemuka dengan luas perkebunan kelapa sawit hampir 12,5 juta hektar. Dari perkebunan Ini juga menghasilkan limbah yang berlebihan dan biasanya dibiarkan sebagai limbah di lingkungan alam atau menjadi pupuk di sekitar perkebunan. Limbah pelepah kelapa sawit yang tersedia berlimpah sebagai agrowaste padat menciptakan masalah lingkungan dan secara ekonomi diperlukan pengolahan limbah menjadi produk yang ramah lingkungan. Melalui pelatihan yang diberikan kepada masyarakat khususnya masyarakat desa yang memiliki kebun kelapa sawit sangatlah efektif dan efisien. Salah satu strategi pengembangan Usaha Kecil Mikro (UKM) adalah dengan memberikan pelatihan pengembangan produk yang lebih variatif, berkualitas dan bersumber daya lokal. Limbah pelepah kelapa sawit merupakan sumberdaya lokal yang masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Limbah pelepah kelapa sawit yang berlebihan dan biasanya dibiarkan sebagai limbah di lingkungan alam atau menjadi pupuk di sekitar perkebunan. Buku ini disusun dari hasil penelitian kami tentang manfaat limbah pelepah kelapa sawit untuk dijadikan produk ekonomis yang bernilai jual tinggi. Penelitian kualitatif-deskreptif ini menggunakan populasi masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Pengumpulan data primer dengan menggunakan sebaran angket melalui kuisioner, Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah true experimental design degan melakukan pelatihan pembuatan produk dari limbah pelepah kelapa sawit. Disini kami memberikan pelatihan selama satu minggu kepada warga desa untuk membuat tirai dari limbah pelepah kelapa sawit. Secara luas tujuan kegiatan ini adalah membantu masyarakat desa dalam mengatasi limbah, menjadikan limbah sebagai produk yang bernilai jual tinggi, memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya berwiraswasta. Secara khusus penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk melihat pengaruh antara narasumber, materi, fasilitas, prilaku peserta pelatihan, terhadap hasil kegiatan. Semua butir pertanyaan yang diberikan kepada peserta pelatihan pemanfaatan limbah pelepah kelapa sawit telah valid dan handal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan menunjukkan hasil yang baik. Hasil uji hipotesa menunjukan bahwa semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap hasil kegiatan pelatihan yang telah diberikan kepada masyarakat desa. Kontribusi didalam buku ini adalah memberikan wawasan kepada masyarakat untuk memanfaatkan limbah lingkungan menjadi produk yang lebih variatif, berkualitas dan bersumber daya local. Selain itu buku ini dapat membantu masyarkat didalam menyelesaikan masalah lingkungan yang bersumber dari limbah/sampah. Buku ini dapat dikembagkan kembali dengan memperhatikan perilaku masyarakat dalam memasarkan produk yang ramah lingkungan.

... (2020) limbah pelepah kelapa sawit dapat menjadi sumber silika dan dapat memberikan alternatif yang berkelanjutan. ... salah satu limbah dari perkebunan sawit yang banyak tersedia karena tingginya aktivitas pertanian di perkebunan.

LINGKUNGAN KERJA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN Kinerja UMKM Melalui Komitmen Organisasi

Buku ini berjudul LINGKUNGAN KERJA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN : Kinerja UMKM Melalui Komitmen Organisasi ini untuk merespon jarangnya buku tentang Lingkungan Kerja dan Orientasi Kewirausahaan ditemukan di pasaran. Selama ini kajian tentang lingkungan kerja dan orientasi kewirausahaan yang minim akan bisa terisi oleh buku ini. Sementara perkembangan dunia kewirausahaan ke depan akan terus semakin komplek permasalahannya.

... daya alam dan padat karya, misalnya pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, perdagangan dan restoran. ... kontribusi besar yang dibuat oleh UMKM terhadap pencapaian pembangunan ekonomi lokal yang berkelanjutan, ...

Kewirausahaan Teori & Praktik

BAB 1 PENDAHULUAN ................................................................ 1 A. Minat Berwirausaha ............................................................. 2 B. Kewirausahaan dan Perguruan Tinggi .............................. 17 C. Merintis Jiwa Wirausaha Melalui Pendidikan Tinggi ..... 32 BAB 2 KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN ....................... 39 A. Makna dan Hakikat Kewirausahaan .................................. 39 B. Pengembangan Kewirausahaan ......................................... 45 C. Proyeksi Jumlah Unit Usaha Baru ...................................... 51 D. Kebijakan Pengembangan Wirausahawan Baru .............. 55 BAB 3 KARAKTERISTIK WIRAUSAHA SUKSES ................. 57 A. Karakteristik Wirausahawan (Characteristic of Enterpreneur) .......................................................................... 57 B. Karakteristik Wirausaha Sukses ......................................... 68 C. Pengertian Business Plan menurut para Ahli dan Penjelasannya.................................... ..................................... 72 D. Analisis S.W.O.T ..................................................................... 89 BAB 4 MOTIVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN .................. 101 A. Hakikat Motivasi ................................................................... 102 B. Model Karakteristik Motivasi .............................................. 112 C. Memotivasi Anggota anggota Organisasi ......................... 116 BAB 5 KREATIVITAS DAN INOVASI KEWIRAUSAHAAN 131 A. Hakikat Pengembangan Kreatif dan Inovatif ................... 131 B. Mengembangkan Sikap Kreatif .......................................... 132 C. Mengembangkan Inovatif ................................................... 147 D. Hubungan Kreatif dengan Inovatif .................................... 154 BAB 6 KARAKTERISTIK DAN ETIKA PROFESIONAL WIRAUSAHAWAN ....................................................................... 157 A. Hakikat Karakteristik dan Etika Profesional .................... 158 B. Mengenal Karakter Wirausahawan .................................... 159 C. Etika Wirausaha .................................................................... 175 D. Wirausaha Profesional ......................................................... 182 BAB 7 PROFIL WIRAUSAHAWAN POTENSIAL DAN TANGGA MENUJU PUNCAK KARIER ................................... 187 A. Hakikat Wirausahawan Potensial ...................................... 189 B. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kewirausahaan serta Keuntungan dan Kerugiannya ........................................... 195 C. Tangga Menuju Puncak Karier Wirausahawan ............... 200 D. Profil Wirausahawan Sukses ............................................... 201 BAB 8 PERANAN WIRAUSAHA DAN ETIKA BISNIS ........ 209 A. Peran dan Fungsi Wirausaha .............................................. 210 B. Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya ...... 213 C. Usaha Kecil dan Model Pengembangannya ..................... 217 D. Etika Bisnis ............................................................................. 222 BAB 9 MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN ..................................................................... 233 A. Manajemen dalam Kewirausahaan ..................................... 235 BAB 10 KEMITRAAN ANTARWIRAUSAHA ......................... 253 A. Hakikat Kemitraan ............................................................... 253 B. Pentingnya Kemitraan Antarwirausaha ............................. 262 C. Bentuk Kemitraan Antarwirausaha ................................... 267 D. Jejaring Usaha dan Negosiasi .............................................. 268

BAB 1 PENDAHULUAN ................................................................ 1 A. Minat Berwirausaha ............................................................. 2 B. Kewirausahaan dan Perguruan Tinggi .............................. ...

DASAR MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Manajemen merupakan seni atau kemampuan seseorang dalam mengelola, mengatur dan menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain atau pendelegasian tugas untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi sedangkan Kewirausahaan merupakan usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan baru kepada konsumen. Dengan demikian maka Manajemen kewirausahaan dapat di artikan sebagai seluruh kekuatan perusahaan yang menjamin kesuksesan atau keberhasilan dengan menggunakan proses kreatifitas dan inovasi sebagai alat pemberdayaan seluruh sumber ekonomi untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa. Berdasarkan history tersebut maka keberadaan buku ini sangatlah penting bagi seluruh umat manusia sebagai pendamping dan rujukan dalam memajukan perusahaannya. Oleh karena itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang manajemen kewirausahaan, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang manajemen kewirausahaan.

... bahwa dalam manajemen diperlukan usaha pengembangan yang berkelanjutan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dimasyarakat, manajemen perusahaan harus mampu ... yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri, atau jasa; 2.