SAYURAN SELALU DIKONSUMSI SETIAP HARI.ATAS DASAR ITU BISNIS SAYURAN PASTI LAKU,SUATU USAHA YANG LAKU PASTI DISERBU BANYAK ORANG.ALHASIL AKAN MENIMBULKAN PERSAINGAN DIDALAMNYA.AGAR SUKSES MENGATASI PERSAINGAN DALAM BISNIS TANAMAN SAYUR, DIBUTUHKAN PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN BISNISNYA.
JAGUNG MANIS YANG SERING DISEBUT SWEET CORN DIGEMARI KONSUMEN SEBAGAI MAKANAN SELINGAN, SEDANGKAN JAGUNG SEMI [JAGUNG BAYI,PUTREN] YANG JUGA DISEBUT BABY CORN MERUPAKAN BAHAN MASAKAN.
KONSUMEN JERUK SIAM YANG MENINGKAT DARI WAKTU KE WAKTU MEMBUAT MASA DEPAN BUAH INI TETAP CERAH.DARI SEGI BUDI DAYANYA,PENINGKATAN PERMINTAAN INI BISA DIPENUHI DENGAN CARA MENGOPTIMALKAN PRODUKSI BUAH PER POHON ATAU MELAKUKAN PERLUASAN AREAL PENANAMAN.
KONSUMEN JERUK YANG MENINGKAT DARI WAKTU KE WAKTU MEMBUAT MASA DEPAN BUAH INI TETAP CERAH.DARI SEGI BUDIDAYA, YANG PENINGKATAN PERMINTAAN BISA DIPENUHI DENGAN MENGOPTIMALKAN PRODUKSI BUAH PER POHON ATAU MELAKUKAN PERLUASAN AREAL PENANAMAN.
PROMOSI BUAH IMPOR GENCAR.SEBAGIAN BESAR PASAR BUAH DIDOMINASI OLEH BUAH IMPOR,TERUTAMA DISUPERMAKET.BAGAIMANA BUAH LOKAL BISA BERTAHAN ? HANYA DENGAN STRATEGI BISNIS YANG KUAT,BUAH LOKAL MAMPU MENYAIGI BUAH IMPORT.
BUDI DAYA TOMAT DIKEBUN SECARA TRADISIONAL MAUPUN INTENSIF SUDAH DIKENAL SEJAK LAMA, NAMUN BERTANAM TOMAT TDK TERLEPAS DARI RESIKO, PROSPEK PASARNYA PUN CUKUP BAIK UNTUK MENEKAN RISIKO KEGAGALAN USAHA TOMAT SECARA KOMERSIAL.