Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

Green Business: Strategi Membangun Kewirausahaan Berdaya Saing dan Berkelanjutan

Green business merupakan kegiatan sukarela perusahaan yang bertujuan untuk mencapai kinerja lingkungan yang lebih baik dan secara bersamaan berdampak pada kinerja perusahaan yang lebih kompetitif. Green business sebagai sebuah konsep yang tidak hanya beorientasi pada profit saja tetapi sebagai langkah-langkah untuk memberikan perlindungan pada lingkungan: udara, air, tanah, ekosistem. Motivasi perusahaan menerapkan green business didorong oleh berbagai faktor, ada yang melaksanakannya secara sukarela namun ada juga yang melaksanakan karena tuntutan regulasi dan tekanan dari stakeholder agar beroperasi lebih ramah lingkungan. Terlepas dari itu, pelaku bisnis yang menjalankan secara benar menyadari bahwa green business menjadi salah satu strategi menuju keunggulan kompetitif. Konsep green business berlaku pada entitas bisnis apapun baik perusahaan besar, kecil dan menengah. Mengembangkan green business membutuhkan inovasi untuk meningkatkan produksi dengan mengurangi polusi pada proses input dan output, dan pencemaran lingkungan. Keuntungan green business secara ideal tidak hanya melindungi lingkungan bagi kehidupan manusia. Namun lebih dari itu, menjadi tantangan bahwa dengan mengimplementasikan green business akan mengantarkan pada tujuan utama yaitu keberlanjutan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Konversi lahan menjadi perkebunan kelapa sawit yang dilakukan dengan sistem pertanian berkelanjutan akan dapat mengurangi terjadinya dampak yang buruk terhadap lingkungan seperti hilangnya fungsi ekologis, efek rumah kaca, kebakaran, ...