Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

KEWIRAUSAHAAN: Teori dan Contoh-Contoh Rencana Bisnis

Pada dasarnya, seorang wirausaha yang sukses memiliki pola pikir yang lebih maju dari orang-orang pada umumnya. Pola pikir kewirausahaan digambarkan dengan adanya ide-ide baru untuk mendirikan lapangan kerja serta adanya sumber daya yang dikembangkan untuk mendorong kegiatan wirausaha. Membentuk pola pikir kewirausahaan merupakan salah satu cara untuk mempertahankan daya saing. Pola pikir kewirausahaan menunjukkan cara berpikir tentang bisnis dan peluang, guna menghadapi ketidakpastian. Dalam hal ini, pola pikir Entrepreneurship berkarakter produktif, bukan konsumtif. Dia selalu berusaha mencari cara baru untuk meningkatkan utilitas sumber daya secara efisien. Dia selalu mencari alternatif bila sumber daya yang ada terbatas. Dia cenderung job creator daripada sekedar job seeker. Semua karakter tersebut disebabkan oleh jumlah total pola pikir yang positif, kreatif, keuangan, dan pola pikir yang di milikinya.pola pikir produktif bisa ditumbuhkan apabila kita memahami dan menghargai kelimpahan maupun keterbatasan yang ada. Dengan pola berpikir produktif, semua hambatan akan di ubah menjadi peluang untuk meminimalisasi ancaman, dan semua kekuatan akan menjadi suatu kesempatan untuk lebih dikembangkan kesempatannya.

Pada dasarnya, seorang wirausaha yang sukses memiliki pola pikir yang lebih maju dari orang-orang pada umumnya.

KEWIRAUSAHAAN: Pemanfaatan Limbah Pelepah Kelapa Sawit Dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Desa

Indonesia merupakan negara produsen kelapa sawit terkemuka dengan luas perkebunan kelapa sawit hampir 12,5 juta hektar. Dari perkebunan Ini juga menghasilkan limbah yang berlebihan dan biasanya dibiarkan sebagai limbah di lingkungan alam atau menjadi pupuk di sekitar perkebunan. Limbah pelepah kelapa sawit yang tersedia berlimpah sebagai agrowaste padat menciptakan masalah lingkungan dan secara ekonomi diperlukan pengolahan limbah menjadi produk yang ramah lingkungan. Melalui pelatihan yang diberikan kepada masyarakat khususnya masyarakat desa yang memiliki kebun kelapa sawit sangatlah efektif dan efisien. Salah satu strategi pengembangan Usaha Kecil Mikro (UKM) adalah dengan memberikan pelatihan pengembangan produk yang lebih variatif, berkualitas dan bersumber daya lokal. Limbah pelepah kelapa sawit merupakan sumberdaya lokal yang masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Limbah pelepah kelapa sawit yang berlebihan dan biasanya dibiarkan sebagai limbah di lingkungan alam atau menjadi pupuk di sekitar perkebunan. Buku ini disusun dari hasil penelitian kami tentang manfaat limbah pelepah kelapa sawit untuk dijadikan produk ekonomis yang bernilai jual tinggi. Penelitian kualitatif-deskreptif ini menggunakan populasi masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Pengumpulan data primer dengan menggunakan sebaran angket melalui kuisioner, Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah true experimental design degan melakukan pelatihan pembuatan produk dari limbah pelepah kelapa sawit. Disini kami memberikan pelatihan selama satu minggu kepada warga desa untuk membuat tirai dari limbah pelepah kelapa sawit. Secara luas tujuan kegiatan ini adalah membantu masyarakat desa dalam mengatasi limbah, menjadikan limbah sebagai produk yang bernilai jual tinggi, memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya berwiraswasta. Secara khusus penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk melihat pengaruh antara narasumber, materi, fasilitas, prilaku peserta pelatihan, terhadap hasil kegiatan. Semua butir pertanyaan yang diberikan kepada peserta pelatihan pemanfaatan limbah pelepah kelapa sawit telah valid dan handal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan menunjukkan hasil yang baik. Hasil uji hipotesa menunjukan bahwa semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap hasil kegiatan pelatihan yang telah diberikan kepada masyarakat desa. Kontribusi didalam buku ini adalah memberikan wawasan kepada masyarakat untuk memanfaatkan limbah lingkungan menjadi produk yang lebih variatif, berkualitas dan bersumber daya local. Selain itu buku ini dapat membantu masyarkat didalam menyelesaikan masalah lingkungan yang bersumber dari limbah/sampah. Buku ini dapat dikembagkan kembali dengan memperhatikan perilaku masyarakat dalam memasarkan produk yang ramah lingkungan.

... (2020) limbah pelepah kelapa sawit dapat menjadi sumber silika dan dapat memberikan alternatif yang berkelanjutan. ... salah satu limbah dari perkebunan sawit yang banyak tersedia karena tingginya aktivitas pertanian di perkebunan.

Kewirausahaan Teori & Praktik

BAB 1 PENDAHULUAN ................................................................ 1 A. Minat Berwirausaha ............................................................. 2 B. Kewirausahaan dan Perguruan Tinggi .............................. 17 C. Merintis Jiwa Wirausaha Melalui Pendidikan Tinggi ..... 32 BAB 2 KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN ....................... 39 A. Makna dan Hakikat Kewirausahaan .................................. 39 B. Pengembangan Kewirausahaan ......................................... 45 C. Proyeksi Jumlah Unit Usaha Baru ...................................... 51 D. Kebijakan Pengembangan Wirausahawan Baru .............. 55 BAB 3 KARAKTERISTIK WIRAUSAHA SUKSES ................. 57 A. Karakteristik Wirausahawan (Characteristic of Enterpreneur) .......................................................................... 57 B. Karakteristik Wirausaha Sukses ......................................... 68 C. Pengertian Business Plan menurut para Ahli dan Penjelasannya.................................... ..................................... 72 D. Analisis S.W.O.T ..................................................................... 89 BAB 4 MOTIVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN .................. 101 A. Hakikat Motivasi ................................................................... 102 B. Model Karakteristik Motivasi .............................................. 112 C. Memotivasi Anggota anggota Organisasi ......................... 116 BAB 5 KREATIVITAS DAN INOVASI KEWIRAUSAHAAN 131 A. Hakikat Pengembangan Kreatif dan Inovatif ................... 131 B. Mengembangkan Sikap Kreatif .......................................... 132 C. Mengembangkan Inovatif ................................................... 147 D. Hubungan Kreatif dengan Inovatif .................................... 154 BAB 6 KARAKTERISTIK DAN ETIKA PROFESIONAL WIRAUSAHAWAN ....................................................................... 157 A. Hakikat Karakteristik dan Etika Profesional .................... 158 B. Mengenal Karakter Wirausahawan .................................... 159 C. Etika Wirausaha .................................................................... 175 D. Wirausaha Profesional ......................................................... 182 BAB 7 PROFIL WIRAUSAHAWAN POTENSIAL DAN TANGGA MENUJU PUNCAK KARIER ................................... 187 A. Hakikat Wirausahawan Potensial ...................................... 189 B. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kewirausahaan serta Keuntungan dan Kerugiannya ........................................... 195 C. Tangga Menuju Puncak Karier Wirausahawan ............... 200 D. Profil Wirausahawan Sukses ............................................... 201 BAB 8 PERANAN WIRAUSAHA DAN ETIKA BISNIS ........ 209 A. Peran dan Fungsi Wirausaha .............................................. 210 B. Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya ...... 213 C. Usaha Kecil dan Model Pengembangannya ..................... 217 D. Etika Bisnis ............................................................................. 222 BAB 9 MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN ..................................................................... 233 A. Manajemen dalam Kewirausahaan ..................................... 235 BAB 10 KEMITRAAN ANTARWIRAUSAHA ......................... 253 A. Hakikat Kemitraan ............................................................... 253 B. Pentingnya Kemitraan Antarwirausaha ............................. 262 C. Bentuk Kemitraan Antarwirausaha ................................... 267 D. Jejaring Usaha dan Negosiasi .............................................. 268

BAB 1 PENDAHULUAN ................................................................ 1 A. Minat Berwirausaha ............................................................. 2 B. Kewirausahaan dan Perguruan Tinggi .............................. ...