Sebanyak 743 item atau buku ditemukan

Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis

Di era ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan melihat suatu peluang di masa datang.

Di era ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan melihat suatu peluang di masa datang.

Kewirausahaan

buku ini menguraikan berbagai konsep kewirausahaan, proses-proses menuju kewirausahaan, inspirasi dari pengusaha sukses yang bermodalkan nol hingga menjadi milyarder, dan kiat menuju kewirausahaan yang berhasil. Untuk perguruan tinggi, kursus dan pelatihan kewirausahaan, materi dalam buku ini dapat disajikan dalam enam program dan pelatihan, yaitu Kuliah Kewirausahaan Terstruktur (KWU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Karya Alternatif Mahasiswa (KAM), dan Klinik Konsultasi Bisnis (KKB). Bagi pembaca yang ingin belajar secara mandiri, buku ini juga dapat dapat dipelajari dengan mudah karena dilengkapi dengan uraian, contoh, dan latihan secara mandiri dan komprehensif.

buku ini menguraikan berbagai konsep kewirausahaan, proses-proses menuju kewirausahaan, inspirasi dari pengusaha sukses yang bermodalkan nol hingga menjadi milyarder, dan kiat menuju kewirausahaan yang berhasil.

Pengantar Kewirausahaan (Tranformasi Digital Entrepreneurship)

Buku ini ditulis dalam upaya memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan referensi serta bahan bacaan dan penambahan wawasan yang berkaitan dengan kewirausahaan bagi para pembaca. Kewirausahaan merupakan salah satu faktor pendorong utama kemakmuran serta membantu pertumbuhan ekonomi negara berkembang. Konsep kewirausahaan inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital sangat membantu tercapainya tujuan kewirausahaan. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan yang sangat pesat, menciptakan kebutuhan untuk menggunakan konsep digital entrepreneurship sebagai paradigma bisnis pada era yang serba digital ini. Buku ini diberi judul “Pengantar Kewirausahaan (Tranformasi Digital Entrepreneurship)” tersusun atas dua belas bab, yaitu konsep dasar kewirausahaan, pendekatan dan teori kewirausahaan, karakteristik dan risiko dalam kewirausahaan, peran woman entrepreneur dalam dunia bisnis, sikap dan perilaku wirausahawan, pengembangan motivasi berwirausaha, faktor penentu kesuksesan entrepreneur, pengembangan ide, kreativitas, dan inovasi dalam berwirausaha, peluang dan tantangan wirausaha pada era revolusi indsutri 4.0, strategi penyusunan rencana usaha yang efektif, prespektif MSDM dalam pengembangan UKM, serta digital entrepreneurship untuk mempertahankan bisnis.

Buku ini ditulis dalam upaya memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan referensi serta bahan bacaan dan penambahan wawasan yang berkaitan dengan kewirausahaan bagi para pembaca.

Kewirausahaan

Mengandalkan pemerintah dalam menyiapkan lapangan kerja baru sangatlah berat. Begitu juga dengan mengandalkan para investor baik investor luar negeri dan dalam negeri untuk melakukan investasi di Indonesia membutuhkan waktu. Untuk itu, sektor pendidikan mempunyai peran yang strategis untuk mengubah pola pikir mahasiswa atau mindset mahasiswa agar berorientasi mencipatkan lapangan kerja atau job creator bukan sebagai pencari kerja atau job seeker. Sayangnya, lulusan perguruan tinggi banyak yang didoktrin oleh orang-orang terdekat setelah lulus dari bangku kuliah untuk menjadi pekerja pada instansi tertentu seperti menjadi PNS, pegawai bank, dan pegawai kantoran lainnya. Pilihan ini tidaklah salah. Namun bangsa kita membutuhkan orang-orang atau lulusan perguruan tinggi yang mempunyai skill tinggi dan tumbuh wirausahawan-wirausahawan muda yamg kreatif dan innovatif untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas. Itulah peran mendasar dalam penulisan buku ajar ini. Dalam kerangka itu, pihak universitas mempunyai peranan penting dalam mentransfortasi menjadi universitas berbudaya enterpreneur, yang terealisasi dalam bentuk penyediaan ruang dan kurikulum akademis sedemikian rupa sehingga ilmu dan semangat kewirausahaan pada kalangan mahasiswa tertanam dan berkembang kuat pada mindset masing-masing mahasiswa. Kami berharap buku ajar ini dapat mendukung terwujudnya visi tersebut dengan dipakai sebagai pedoman mahasiswa untuk mata kuliah kewirausahaan.

Kami berharap buku ajar ini dapat mendukung terwujudnya visi tersebut dengan dipakai sebagai pedoman mahasiswa untuk mata kuliah kewirausahaan.

Kewirausahaan

Buku Kewirausahaan ini merupakan suatu karya ilmiah yang kami susun dari sejumlah buku teks ilmiah dan merupakan suatu kondensasi dari berbagai materi buku yang di tulis penulis-penulis lain yang ada kaitannya dengan dunia bisnis. Sebagai suatu kondensasi maka isinya ada yang berupa hasil edit dan ada pula diringkas atau diresume dari karya penulis lain disamping ada yang di kutip jalan pikiran penulis lain untuk ditulis kembali dengan kalimat sendiri tentu maksudnya agar lebih mudah dicerna dalam pemahaman para pembacanya. Di era ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi, kreatif dan melihat suatu peluang di masa datang. Buku ini membahas: Bab 1 Hakikat dan Konsep Dasar Kewirausahaan Bab 2 Kompetensi Inti dan Karakteristik Kewirausahaan Bab 3 Pengembangan Potensi Diri Bab 4 Konsep Inovasi dan Kreativitas Dalam Kewirausahaan Bab 5 Business Life Skills Bab 6 Analisa Kelayakan Business Bab 7 Business Plan Bab 8 Kewirausahaan dan Technopreneurship Bab 9 Business Model Canvas (BMC) Bab 10 Pemasaran dan E-Commerce Bab 11 Pendirian Usaha Baru, Perizinan, dan Business Matching

Buku Kewirausahaan ini merupakan suatu karya ilmiah yang kami susun dari sejumlah buku teks ilmiah dan merupakan suatu kondensasi dari berbagai materi buku yang di tulis penulis-penulis lain yang ada kaitannya dengan dunia bisnis.

Pemahaman Kewirausahaan

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, pengambilan keputusan, pemilihan bidang usaha, pemasaran praktis, negosiasi dalam wirausaha, studi kelayakan bisnis, perencanaan bisnis, strategi menyusun proposal bisnis, serta etika bisnis dan corporate social responsibility. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, ...

PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNya Buku Kolaborasi dalam bentuk Book Chapter ini dapat dipublikasikan diharapkan sampai ke hadapan pembaca. Book Chapter ini ditulis oleh sejumlah Dosen dan Praktisi dari berbagai Institusi sesuai dengan kepakarannya serta dari berbagai wilayah di Indonesia. Terbitnya buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi yang positif dalam ilmu pengetahuan khususnya bekaitan dengan Ilmu Pendidikan dan tentunya memberikan nuansa yang berbeda dengan buku lain yang sejenis serta saling menyempurnakan pada setiap pembahasannya yaitu dari segi Konsep yang tertuang sehingga mudah untuk dipahami. Sistematika buku yang berjudul “Pendidikan Kewirausahaan” terdiri dari 14 Bab yang dijelaskan secara terperinci sebagai berikut: 1. Pendahuluan : Pendidikan Kewirausahaan Dalam Perspektif Teori 2. Konsep Pendidikan Kewirausahaan 3. Hakikat Pendidikan Kewirausahaan 4. Pengertian Kewirausahaan 5. Ciri – Ciri Kewirausahaan 6. Kompetensi Kewirausahaan 7. Motivasi dan Minat Kewirausahaan 8. Kurikulum Kewirausahaan Berbasis Kecakapan Hidup 9. Pendidikan Kewirausahaan Formal 10. Pendidikan Kewirausahaan Informal 11. Model Pendidikan Kewirausahaan 12. Pendidikan Karakter Berwawasan Kewirausahaan 13. Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Nilai – Nilai Lokal 14. Pendidikan Kewirausahaan dan Pengembangan UMKM Akhirnya kami mengucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang mendukung penyusunan dan penerbitan buku ini. Semoga Buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pendidikan Kewirausahaan Formal 10. Pendidikan Kewirausahaan Informal 11. Model Pendidikan Kewirausahaan 12. Pendidikan Karakter Berwawasan Kewirausahaan 13. Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Nilai – Nilai Lokal 14.

Kewirausahaan

Buku kolaborasi ini merupakan karya dari hasil pemikiran para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi. Book chapter ini membahas mengenai konsep serta strategi bisnis yang selalu relevan dalam menghadapi tantangan pasar yang kompetitif. Buku kolaborasi yang berjudul “Kewirausahaan” yang tersusun dalam 10 bab yaitu ruang lingkup kewirausahaan, karakteristik wirausahawan yang sukses, jenis dan fungsi kewirausahaan, kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha, proses dan motif menjadi wirausaha, modal dasar dalam berwirausaha, strategi bersaing dalam kewirausahaan, faktor penyebab kesuksesan dan kegagalan wirausaha, studi kelayakan bisnis, dan perkembangan dunia bisnis di era digital.

Buku kolaborasi yang berjudul “Kewirausahaan” yang tersusun dalam 10 bab yaitu ruang lingkup kewirausahaan, karakteristik wirausahawan yang sukses, jenis dan fungsi kewirausahaan, kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha, proses dan ...

DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan bukan lagi sekedar tren, melainkan telah menjadi kebutuhan. Juga bukan merupakan ilmu ajaib yang mendatangkan uang dalam waktu yang singkat, melainkan kewirausahaan merupakan sebuah ilmu, seni, dan keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang ada guna mempertahankan hidup, atau mencari nafkah. Buku ini akan membekali pembaca sebagai panduan untuk berwirausaha. Juga sebagai referensi bagi mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan yang tidak hanya disajikan secara teoritis, namun diikuti dengan aplikasi secara praktis. Secara sistematis buku ini menyajikan konsep dasar kewirausahaan, inovasi dalam berwirausaha, jalan menuju wirausaha sukses, strategi pemasaran, dan ditutup dengan kegiatan praktik bersama mengelola usaha.

Secara sistematis buku ini menyajikan konsep dasar kewirausahaan, inovasi dalam berwirausaha, jalan menuju wirausaha sukses, strategi pemasaran, dan ditutup dengan kegiatan praktik bersama mengelola usaha.

Kewirausahaan

Nilai-nilai dan pengetahuan tentang kewirausahaan ini bagi mahasiswa yang akan memulai usahanya atau pengusaha pemula khususnya pengusaha MIKRO. Mereka diharapkan dapat mempelajari dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang selama ini dihadapi. Dengan menerapkan konsep produk dan mengutamakan pelanggan diharapkan mereka dapat menemukan ide, kreativitas, dan inovasi untuk produk atau jasa yang mereka hasilkan. Karena di era globalisasi persaingan diantara sesama pengusaha sangat ketat, baik persaingan di skala lokal, regional, nasional maupun internasional. Perusahaan yang memenangi persaingan adalah yang dapat melakukan kreativitas dan inovasi dalam penciptaan produk atau jasa baru yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan mempunyai performance lebih serta harga bersaing.

Nilai-nilai dan pengetahuan tentang kewirausahaan ini bagi mahasiswa yang akan memulai usahanya atau pengusaha pemula khususnya pengusaha MIKRO.